THIS IS MY BLOG

Halaman

Selasa, 08 Januari 2019

Contoh penerapan model-model SDLC

Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik  Berbasis Web  Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

 

PENDAHULUAN
Saat ini Teknologi Informasi mengalami perkembangan yang sangat cepat. Tidak sedikit orang menggunakan aplikasi sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan dan aplikasi tersebut digunakan sebagai bahan untuk memperoleh hasil pencarian dari suatu pokok permsalahan.selama ini dalam segala pengarsipan terutama pada madrasah aliyah pondok pesantren al habib sholeh bin alwi al haddad masih menggunakan pencatatan buku maupun kertas yang di simpan pada buku induk seperti untuk menyimpan data guru, santri dan nilai, yang mengakibatkan data yang berupa kertas dapat berakibat terjadinya pencatatan yang berulang, kerusakan seperti berkas hilang atau pun rusak.



RUMUSAN MASALAH
a. Bagaimana membuat sistem informasi akademik berbasis web pada Pondok Pesantren Al  habib Sholeh Bin Alwi Alhaddad dengan mengikuti metodologi SDLC Waterwall
b. Bagaimana melaksanakan proses pengolahan data siswa, guru, nilai dan informasi akademik
c. Bagaimana memberikan informasi terhadap orang tua dan untuk umum tentang kegiatan yang di lakukan lembaga.


MODEL PENGEMBANGAN WATERFALL
Model Waterfall merupakan salah satu model pengembangan perangkat lunak yang ada di dalam model SDLC (Sequencial Development Life Cycle).
Menurut Sukamto dan Shalahuddin (2013:26) mengemukakan bahwa “ SDLC atau Software De-velopment Life Cycle atau sering disebut juga System Development Life Cycle adalah proses mengem-bangkan atau mengubah suatu sistem perangkat lu-nak dengan menggunakan model-model dan metod-ologi yang digunakan orang untuk mengembangkan sistem-sistem perangkat lunak sebelumnya, ber-dasarkan best practice atau cara-cara yang sudah teruji baik.”
Sedangkan Sukamto dan Shalahuddin (2013:28) di jelaskan bahwa model waterfall sering juga disebut model sekuensi linear atau alur hidup klasik. Pengembangan sistem dikerjakan secara terurut mulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian dan tahap pendukung.

METODOLOGI
Terdapat beberapa metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini, diantaranya yaitu :
a. Metode Penulisan
b. metode pengembangan perangkat lunak
Adapun penjelasan dari metode ini adalah sebagai berikut :

  •    Analisis, Dalam tahapanalisis ini penulis mulai menganalisa apa saja kebutuhan dari system,   mulai dari kebutuhan fungsional system maupun kebutuhan non fungsional dari sistem .
  •   Desain,Pada tahap ini dimana dalam tahap ini disajikan desain desain dari aplikasi seperti desain antar muka, dan desain data base yang akan diterapkan kedalam system Informasi Akademik yang akan dibuat.
  •   Pengkodean, Pada tahap ini penulis menerapkan desai data base serta desain antar muka kedalam bahasa pemrograman, dimana bahasa pemrograman yang dipakai adalah menggunakan bahasa PHP untuk website.
  • Pengujian, Tahap uji merupakan tahap akhir dalam metode waterfall dimana dalam tahap  pengujian ini digunakan teknik pengujian blackbox testing

5. Tahap analisis kebutuhan perangkat lunak
  1. kebutuhan fungsional ,Tahap kebutuhan fungsional ini di perlukan untuk mengindifikasi apa saja yang dibutuhkan dan di inginkan oleh pengguna dari Aplikasi.
  • admin
  • guru
  • siswa
  • wali kelas 
     2. Kubutuhan Non Fungsional,Dalam Tahapan kebutuhan Non fungsional ini penulis mengindifikasi apa    saja yang dibutuhkan oleh pengguna untuk menjalankan Aplikasi



6. TAHAPAN DESAIN
a. ERD ( entity relationship diagram)


b. LRS ( logical relational structure)


 


c. Desain Database
·           Spesifikasi File Admin


 
          
                      -     Spesifikasi File Guru
          



-   Spesifikasi File Siswa




-  Spesifikasi file nilai
 
Spesifikasi file pelajaran

 
-   Spesifikasi file wali kelas
 

3.3 Tahap Implementasi
-   Implementasi Halaman Branda
 




                     


 -


-   Implementasi halaman ruang siswa
 

    - Implementasi ruang utama guru
 

    - Implementasi Halaman Ruang Wali Kelas

 
   -  Implementasi Halaman Login Admin

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perbedaan dan Persamaan Kotlin dan Java Android

Apa sih Perbedaan & Persamaan Java dan Kotlin itu ? Ketika kamu mengembangkan aplikasi Android, kamu akan menghadapi dua bahasa pemro...