PENDAHULUAN
Saat ini Teknologi Informasi mengalami perkembangan yang sangat cepat. Tidak sedikit orang menggunakan aplikasi sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan dan aplikasi tersebut digunakan sebagai bahan untuk memperoleh hasil pencarian dari suatu pokok permsalahan.selama ini dalam segala pengarsipan terutama pada madrasah aliyah pondok pesantren al habib sholeh bin alwi al haddad masih menggunakan pencatatan buku maupun kertas yang di simpan pada buku induk seperti untuk menyimpan data guru, santri dan nilai, yang mengakibatkan data yang berupa kertas dapat berakibat terjadinya pencatatan yang berulang, kerusakan seperti berkas hilang atau pun rusak.
RUMUSAN MASALAH
a. Bagaimana membuat sistem informasi akademik berbasis web pada Pondok
Pesantren Al habib Sholeh Bin Alwi
Alhaddad dengan mengikuti metodologi SDLC Waterwall
b. Bagaimana melaksanakan proses pengolahan data siswa, guru, nilai dan
informasi akademik
c. Bagaimana memberikan informasi terhadap orang tua dan untuk umum
tentang kegiatan yang di lakukan lembaga.
MODEL PENGEMBANGAN WATERFALL
Model Waterfall
merupakan salah satu model pengembangan perangkat lunak yang ada di dalam
model SDLC (Sequencial Development Life Cycle).
Menurut Sukamto dan Shalahuddin
(2013:26) mengemukakan bahwa “ SDLC atau Software De-velopment Life Cycle atau
sering disebut juga System Development Life Cycle adalah proses
mengem-bangkan atau mengubah suatu sistem perangkat lu-nak dengan menggunakan
model-model dan metod-ologi yang digunakan orang untuk mengembangkan
sistem-sistem perangkat lunak sebelumnya, ber-dasarkan best practice atau
cara-cara yang sudah teruji baik.”
Sedangkan Sukamto dan Shalahuddin
(2013:28) di jelaskan bahwa model waterfall sering juga disebut model
sekuensi linear atau alur hidup klasik. Pengembangan sistem dikerjakan secara
terurut mulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian dan tahap pendukung.
METODOLOGI
Terdapat beberapa metode yang
digunakan dalam melakukan penelitian ini, diantaranya yaitu :
a. Metode Penulisan
b. metode pengembangan perangkat
lunak
Adapun penjelasan dari metode ini
adalah sebagai berikut :
- Analisis, Dalam tahapanalisis ini penulis mulai menganalisa apa saja kebutuhan dari system, mulai dari kebutuhan fungsional system maupun kebutuhan non fungsional dari sistem .
- Desain,Pada tahap ini dimana dalam tahap ini disajikan desain desain dari aplikasi seperti desain antar muka, dan desain data base yang akan diterapkan kedalam system Informasi Akademik yang akan dibuat.
- Pengkodean, Pada tahap ini penulis menerapkan desai data base serta desain antar muka kedalam bahasa pemrograman, dimana bahasa pemrograman yang dipakai adalah menggunakan bahasa PHP untuk website.
- Pengujian, Tahap uji merupakan tahap akhir dalam metode waterfall dimana dalam tahap pengujian ini digunakan teknik pengujian blackbox testing
5. Tahap analisis kebutuhan perangkat lunak
- kebutuhan fungsional ,Tahap kebutuhan fungsional ini di perlukan untuk mengindifikasi apa saja yang dibutuhkan dan di inginkan oleh pengguna dari Aplikasi.
- admin
- guru
- siswa
- wali kelas
2. Kubutuhan Non Fungsional,Dalam Tahapan kebutuhan
Non fungsional ini penulis mengindifikasi apa saja yang dibutuhkan oleh
pengguna untuk menjalankan Aplikasi
6. TAHAPAN DESAIN
a. ERD ( entity
relationship diagram)
b. LRS ( logical
relational structure)
c. Desain Database
·
Spesifikasi File Admin
- Spesifikasi File Guru
- Spesifikasi
File Siswa
- Spesifikasi
file nilai
- Spesifikasi
file pelajaran
- Spesifikasi
file wali kelas
3.3 Tahap
Implementasi
- Implementasi
Halaman Branda
-
-
Implementasi halaman ruang siswa
- Implementasi ruang utama guru
- Implementasi Halaman Ruang Wali Kelas
-
Implementasi Halaman Login Admin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar