1. PENDAHULUAN
Bisnis
restoran sudah menjadi bagian dari kehidupan yang cenderung semakin 
meningkat dan berkembang seiring
dengan meningkatnya taraf hidup pendapatan masyarakat. 
Selain dari sisi ketersediaan untuk
semua variasi menu makanan dan minuman, juga harus menekankan kepada pentingnya
sistem pelayanannya. Hal ini sangat penting karena bisnis restoran yang mampu
menyajikan makanan secara cepat, tepat dan benar dapat memberikan kepuasan kepada setiap pengunjung/pelanggan restoran Kenyataan ini jelas membutuhkan sebuah sistem aplikasi pemesanan makanan dan minuman dengan memanfaatkan penggunaan teknologi informasi melalui perangkat mobile devices.
menyajikan makanan secara cepat, tepat dan benar dapat memberikan kepuasan kepada setiap pengunjung/pelanggan restoran Kenyataan ini jelas membutuhkan sebuah sistem aplikasi pemesanan makanan dan minuman dengan memanfaatkan penggunaan teknologi informasi melalui perangkat mobile devices.
Melalui
dukungan perangkat teknologi mobile devices memungkinkan sistem pemesanan dapat
memberikan banyak kemudahan dan lebih fleksibel dalam memesan menu makanan dan 
minuman secara online berbasis client/server
 Perangkat teknologi mobile devices
berbasis client/server dapat memberikan banyak  solusi kemudahan terkait dengan sistem
pelayanannya. Teknologi client/server merupakan suatu sistem atau program
aplikasi yang menggabungkan antara satu sistem dan yang lainnya dimana salah
satu sistem ada yang dijadikan Server, sehingga akan menghasilkan suatu output
yang dapat dioperasikan di kedua sistem tersebut, dimana pada sistem atau
program aplikasi ini dapat dijalankan secara bersama-sama pada jaringan
komputer .
Penelitian
sistem pemesanan makanan dan minuman untuk bisnis restoran yang relevan 
diantaranya sistem pemesanan
foodcourt menggunakan mobile devices menggunakan koneksi 
wifi. Sistem pemesanan ini merupakan
satu set server-side forms controls untuk membangun 
aplikasi perangkat mobile nirkabel.
Kontrol ini menghasilkan output yang berbeda, yaitu WML, 
HTML, atau compact HTML dengan
menggunakan metode prototyping.
2. HASIL DAN PEMBAHASAN
Perancangan prototipe sistem
aplikasi pemesanan makanan dan minuman menggunakan 
mobile devices dimulai diawali
dengan membuat user stories yang menggambarkan output, 
fitur, dan fungsi-fungsi dari
perangkat lunak yang akan dibuat. User stories tersebut kemudian 
diberikan bobot seperti prioritas
dan dikelompokkan untuk selanjutnya dilakukan proses 
delivery secara incremental.
Pengumpulan data merupakan komponen yang penting dalam tahap 
analisis ini. Pengumpulan data
dilakukan dengan mewawancarai pemilik, observasi dan studi 
dokumen.
Dalam aplikasi ini terdapat empat bagian pengguna yaitu admin yang melakukan pengelolaan data makanan dan minuman, waitress melakukan pencatatan data pesanan dengan menggunakan
perangkat mobile seperti iPad
ataupun iPhone, chef menyediakan dan mempersiapkan pesanan 
pelanggan sesuai dengan data yang
kirim oleh waitress dari perangkat mobile, sedangkan 
cashier melakukan penagihan terhadap
pesanan pelanggan sesuai dengan data yang pesanan 
yang telah diolah chef.
Data tersimpan secara terpusat pada web
server dalam bentuk file memberikan 
kemudahan kepada setiap level
pengguna karena kegiatan dari setiap level pengguna saling 
terkait. Waitress tidak perlu lagi
melakukan pencatatan setiap pesanan menggunakan kertas 
akan tetapi menggunakan perangkat mobile
yang sudah dipasang aplikasi.
Waitress login untuk mencatat semua
pemesanan makanan dan minuman, chef login 
untuk mengelola pesanan. Kasir login
untuk mengelola pembayaran dan data karyawan. Admin 
login untuk mengelola kategori menu,
kelola menu, kelola meja dan kelola karyawan. Admin 
juga mencetak laporan pesanan,
laporan pendapatan, dan laporan pesanan tidak dibayar.
Untuk kebutuhan admin mengirim pesan
berupa data input item meja ke form meja 
setelah itu form meja mengirim pesan
ke control meja berupa get data meja lalu data dibawa 
diproses validasi. Jika salah,
control meja akan mengirim pesan berupa item invalid ke form 
meja dan control meja akan mengirim
pesan buka koneksi ke data meja lalu diproses eksekusi 
query. Jika benar input item meja,
maka data meja akan mengirim pesan valid ke control meja 
dan control meja mengirim pesan
tutup koneksi ke data meja 
Proses berikutnya adalah admin mengirim pesan berupa data input item menu makanan dan minuman ke form pencatatan pesanan setelah itu form pencatatan pesanan mengirim pesan ke control pencatatan pesanan berupa get data lalu data dibawa diproses validasi. Jika salah, control pencatatan .
Pesanan akan mengirim pesan berupa
item invalid ke form pencatatan pesanan dan control 
pencatatan pesanan mengirim pesan
buka koneksi kedata laporan lalu diproses eksekusi query. 
Jika benar input item menu makanan
dan minuman, maka data laporan akan mengirim pesan 
valid ke control pencatatan pesanan
dan control pencatatan pesanan mengirim pesan tutup 
koneksi ke data laporan
Proses berikutnya adalah admin mengirim pesan berupa data input item menu dibayar
ke form pembayaran setelah itu form
pembayaran mengirim pesan ke control pembayaran 
berupa get data pembayaran lalu data
dibawa diproses validasi. Jika salah, control pembayaran 
akan mengirim pesan berupa item
invalid ke form pembayaran dan control pembayaran 
mengirim pesan buka koneksi ke data
laporan lalu diproses eksekusi query. Jika benar input 
item menu dibayar, maka data
pembayaran akan mengirim pesan valid ke control pembayaran 
dan control pembayaran mengirim
pesan tutup koneksi ke data pembayaran .
Selanjutnya merancang model database yang menjadi kebutuhan dari sistem pemesanan
makanan dan minuman menggunakan
mobile devices. Merancang aplikasi data terstruktur dan 
bagaimana dapat direpresentasikan ke
dalam diagram hubungan entitas melalui proses 
normalisasi. 
Pokok pemikiran dalam merancang database adalah bagaimana merancang
database sehingga dapat memenuhi
kebutuhan saat ini dan kemudahannya untuk dikembangkan 
dimasa yang akan datang. 
Selanjutnya adalah kegiatan melakukan perancangan prototipe perangkat lunak dengan
menerjemahkan rancangan layout ke
dalam bentuk bahasa pemrograman yaitu bahasa PHP 
dengan database MySQL. Form login
dipergunakan oleh admin web untuk bisa masuk ke menu 
utama sebagai tempat bagi admin untuk melakukan manajemen konten aplikasi. Untuk
utama sebagai tempat bagi admin untuk melakukan manajemen konten aplikasi. Untuk
perancangan prototipe form menu
admin dibuat untuk memusatkan pengelolaan konten aplikasi 
web hanya pada satu halaman saja.
Halaman ini memuat sejumlah konten-konten penting untuk 
penggunaan aplikasi ini. Semua
konten ini memiliki interaksi dengan pengguna dan admin. 
Berikut ini adalah hasil perancangan
prototipe menu utama admin yang diusulkan. Hasil 
perancangan prototipe form detil
kategori menu dipergunakan untuk menampilkan data kategori 
menu. Untuk perancangan prototipe
form detil kategori menu dipergunakan untuk menampilkan 
data menu secara detil. Hasil
prototipe form laporan pesanan dipergunakan untuk menampilkan 
dan mencetak laporan pesanan
pelanggan . Dan selanjutnya untuk hasil rancangan  prototipe form laporan pendapatan dipergunakan
untuk menampilkan dan mencetak laporan pendapatan dari menu prototipe pelanggan
.
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar