A. Penjelasan UML
UML merupakan singkatan
dari “Unified Modelling Language” yaitu suatu metode permodelan secara
visual untuk sarana perancangan sistem berorientasi objek.
Definisi UML yaitu sebagai
suatu bahasa yang sudah menjadi standar pada visualisasi, perancangan dan juga
pendokumentasian sistem software. Saat ini UML sudah menjadi bahasa
standar dalam penulisan blue print software.
B. Tujuan atau fungsi dari penggunaan UML
Inilah beberapa tujuan atau fungsi
dari penggunaan UML, yang diantaranaya:
- Dapat memberikan bahasa permodelan visual kepada pengguna dari berbagai macam pemerograman maupun proses rekayasa.
- Dapat menyatukan praktek-praktek terbaik yang ada dalam permodelan.
- Dapat memberikan model yang siap untuk digunakan, merupakan bahasa permodelan visual yang ekspresif untuk mengembangkan sistem dan untuk saling menukar model secara mudah.
- Dapat berguna sebagai blue print, sebab sangat lengkap dan detail dalam perancangannya yang nantinya akan diketahui informasi yang detail mengenai koding suatu program.
- Dapat memodelkan sistem yang berkonsep berorientasi objek, jadi tidak hanya digunakan untuk memodelkan perangkat lunak (software) saja.
- Dapat menciptakan suatu bahasa permodelan yang nantinya dapat dipergunakan oleh manusia maupun oleh mesin.
C. Jenis-Jenis diagram UML dan beberapa contoh diagramnya
a. Use case diagram
Use case
diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan interaksi
antara sistem dan aktor, use case diagram juga dapat men-deskripsikan tipe
interaksi antara si pemakai sistem dengan sistemnya.
b. Activity
Diagram
Activity
diagram atau diagram aktivitas yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang
dapat memodelkan proses-proses apa saja yang terjadi pada sistem.
c. Sequence
diagram
Sequence
diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menjelaskan interaksi
objek yang berdasarkan urutan waktu, sequence diagram juga dapat menggambarkan
urutan atau tahapan yang harus dilakukan untuk dapat menghasilkan sesuatu
seperti pada use case diagram.
d. Class
diagram
Class
diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang digunakan untuk
menampilkan kelas-kelas maupun paket-paket yang ada pada suatu sistem
yang nantinya akan digunakan. Jadi diagram ini dapat memberikan sebuah
gambaran mengenai sistem maupun relasi-relasi yang terdapat pada sistem
tersebut.
f. Communication
diagram
Communication
diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang dapat menggamabarkan
tahapan terjadinya suatu aktivitas dan diagram ini juga menggambarkan interaksi
antara objek yang ada pada sistem. Hampir sama seperti sequence diagram akan
tetapi communication diagram lebih menekankan kepada peranan masing-masing
objek pada sistem.
g. Deployment
diagram
Deployment
diagram yaitu salah satu diagram pada UML yang menunjukan tata letak suatu
sistem secara fisik, dapat juga dikatakan untuk menampilkan bagian-bagian
softwere yang terdapat pada hardwere dan digunakan untuk menerapkan suatu
sistem dan hubungan antara komponen hardwere. Jadi Deployment diagram intinya
untuk menunjukan letak softwere pada hardwere yang digunakan sistem.
h. Component
diagram
Component
diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan
softwere pada suatu sistem. Component diagram merupakan penerapan
softwere dari satu ataupun lebih class, dan biasanya berupa file data atau
.exe, source kode, table, dokumen dsb.
i. Object
diagram
Object
diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan objek-objek
pada suatu sistem dan hubungan antarnya.
j. Composite
structure diagram
Composite
structure diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan
struktur internal dari penklasifikasian (class, component atau use case) dan
termasuk titik-titik interaksi penklasifikasian kebagian lainnya dari suatu
sistem. Ini hampir mirip seperti class diagram akan tetapi composite structure
diagram menggambarkan bagian-bagian dari individu kelas saja bukan semua kelas.
k.
Interaction Overview Diagram
Interaction
Overview diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang berguna untuk
men-visualisasikan kerjasama dan hubungan antara activity diagram dengan
sequence diagram.
l. Package diagram
Package
diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML digunakan untuk mengelompokan
kelas dan juga menunjukan bagaimana elemen model akan disusun serta mengambarkan
ketergantungan antara paket-paket.
m. Diagram
Timing
Diagram
timing yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang disebut sebagai bentuk lain
dari interaksi diagram, dimana fokus yang paling utamanya kepada waktu. Diagram
timing berguna untuk menunjukan faktor-faktor yang membatasi waktu antara
perubahan state terhadap objek yang berbeda.
D. Symbol-Symbol
UML
NO
|
GAMBAR
|
NAMA
|
KETERANGAN
|
1
|
Actor
|
Menspesifikasikan himpuan peran yang pengguna
mainkan ketika berinteraksi dengan use
case.
|
|
2
|
Dependency
|
Hubungan dimana perubahan yang terjadi pada suatu
elemen mandiri (independent) akan mempengaruhi elemen yang bergantung padanya
elemen yang tidak mandiri (independent).
|
|
3
|
Generalization
|
Hubungan dimana objek anak (descendent) berbagi perilaku dan struktur data dari objek yang
ada di atasnya objek induk (ancestor).
|
|
4
|
Include
|
Menspesifikasikan bahwa use case sumber secara eksplisit.
|
|
5
|
Extend
|
Menspesifikasikan bahwa use case target memperluas perilaku dari use case sumber pada suatu titik yang diberikan.
|
|
6
|
Association
|
Apa yang menghubungkan antara objek satu dengan
objek lainnya.
|
|
7
|
System
|
Menspesifikasikan paket yang
menampilkan sistem secara terbatas.
|
|
8
|
Use Case
|
Deskripsi dari urutan aksi-aksi yang ditampilkan
sistem yang menghasilkan suatu hasil yang terukur bagi suatu aktor
|
|
9
|
Collaboration
|
Interaksi aturan-aturan dan elemen lain yang bekerja
sama untuk menyediakan prilaku yang lebih besar dari jumlah dan
elemen-elemennya (sinergi).
|
|
10
|
Note
|
Elemen fisik yang eksis saat aplikasi dijalankan dan
mencerminkan suatu sumber daya komputasi
|
NO
|
GAMBAR
|
NAMA
|
KETERANGAN
|
1
|
Generalization
|
Hubungan dimana objek anak (descendent) berbagi perilaku dan struktur data dari objek yang
ada di atasnya objek induk (ancestor).
|
|
2
|
Nary
Association
|
Upaya untuk menghindari asosiasi
dengan lebih dari 2 objek.
|
|
3
|
Class
|
Himpunan dari objek-objek yang
berbagi atribut serta operasi yang sama.
|
|
4
|
Collaboration
|
Deskripsi dari urutan aksi-aksi yang ditampilkan
sistem yang menghasilkan suatu hasil yang terukur bagi suatu aktor
|
|
5
|
Realization
|
Operasi yang benar-benar dilakukan oleh suatu objek.
|
|
6
|
Dependency
|
Hubungan dimana perubahan yang terjadi pada suatu
elemen mandiri (independent) akan
mempegaruhi elemen yang bergantung padanya elemen yang tidak mandiri
|
|
7
|
Association
|
Apa yang menghubungkan antara objek satu dengan
objek lainnya
|
NO
|
GAMBAR
|
NAMA
|
KETERANGAN
|
1
|
LifeLine
|
Objek entity, antarmuka yang saling berinteraksi.
|
|
2
|
Message
|
Spesifikasi dari komunikasi antar
objek yang memuat informasi-informasi tentang aktifitas yang terjadi
|
|
3
|
Message
|
Spesifikasi dari komunikasi antar objek yang memuat
informasi-informasi tentang aktifitas yang terjadi
|
NO
|
GAMBAR
|
NAMA
|
KETERANGAN
|
1
|
State
|
Nilai atribut dan nilai link pada suatu waktu
tertentu, yang dimiliki oleh suatu objek.
|
|
2
|
Initial
Pseudo State
|
Bagaimana objek dibentuk atau diawali
|
|
3
|
Final
State
|
Bagaimana objek dibentuk dan
dihancurkan
|
|
4
|
Transition
|
Sebuah kejadian yang memicu sebuah state objek
dengan cara memperbaharui satu atau lebih nilai atributnya
|
|
5
|
Association
|
Apa yang menghubungkan antara objek satu dengan
objek lainnya.
|
|
6
|
Node
|
Elemen fisik yang eksis saat aplikasi dijalankan dan
mencerminkan suatu sumber daya komputasi.
|
NO
|
GAMBAR
|
NAMA
|
KETERANGAN
|
1
|
Actifity
|
Memperlihatkan bagaimana
masing-masing kelas antarmuka saling berinteraksi satu sama lain
|
|
2
|
Action
|
State dari sistem yang mencerminkan eksekusi dari
suatu aksi
|
|
3
|
Initial
Node
|
Bagaimana objek dibentuk atau diawali.
|
|
4
|
Actifity
Final Node
|
Bagaimana objek dibentuk dan
dihancurkan
|
|
5
|
Fork Node
|
Satu aliran yang pada tahap tertentu berubah menjadi
beberapa aliran
|
Gambar
5. Simbol Actifity Diagram
Tidak ada komentar:
Posting Komentar